Advertise

 
Friday, November 18, 2011

Langkah Awal membuat web dengan CMS Wordpress

0 comments
Anda Ingin memiliki website sendiri? dan ingin memulai bisnis online anda dengan wordpress self hosting
akan lebih baik jika anda mempersiapkan langkah awal memulai membuat website bisnis atau web pribadi anda nah kali ini tutorial wDesain akan membahas langkah awal membuat website dengan menggunakan wordpress self hosting

Mengenal Hosting dan Domain

Yang akan dibahas disini adalah blog WordPress self hosting alias WordPress dengan webhosting sendiri. Maksudnya bukan blog dengan hosting gratis seperti yang disediakan WordPress.com atau blogger.com, namun hosting di tempat lain.

Masalahnya bagi orang awam tidak mengerti apa itu hosting. Webhosting itu apa, fungsingya apa, cara kerjanya bagaimana, bagi orang yang benar-benar baru mengenal blog gratisan mungkin hal itu terdengar sangat asing. Apalagi mendengar kata domain. Padahal, apabila kita ingin menjadi blogger profesional, kita setidaknya harus mengenal kosakata hosting dan domain itu.
Jadi apakah hosting, webhost, atau webhosting itu?

Webhosting adalah sebuah tempat dimana kita meletakkan data blog WordPress atau data-data situs kita di internet. Istilah yang lebih mudah adalah, webhosting itu seperti sebuah hardisk untuk website atau blog WordPress profesional kita.
webhosting, apa itu hosting, mengenal webhosting logo

Ilustrasi Webhosting

Jadi apabila kita ingin memiliki blog yang alamatnya berekstensi dot com misalnya, kita harus menyediakan webhosting ini. Nah, apakah ini gratis? Tergantung Anda. Anda bisa membeli webhosting dengan harga kisaran 90rb per tahun (harga hosting yang digunakan blog diWordpress.com), itu sudah bagus untuk kisaran blog pribadi maupun sebuah perusahaan kecil.

Disamping yang berbayar, hostingan gratis juga banyak tersedia. Untuk belajar saja sih tidak apa-apa, namun apabila Anda ingin membuat website/blog yang berkualitas, tidak ada ruginya Anda berinvestasi dengan menyewa hosting setahun dahulu. (rekomendasi saya).

Sebelum membeli webhosting, ada baiknya Anda riset dulu kecil-kecilan. Dimana tempat hosting yang bagus, yang cepat akses servernya, dan tentu saja dengan harga bersaing. Saya tidak merekomendasikan hosting murah. Karena hosting murahan di Indonesia kualitasnya jelek. Anda bisa cek di forum-forum apabila kurang yakin dengan hosting pilihan Anda.

tunggu artikel selanjutnya  nggak mau ketinggalan silahkan daftarkan email anda pada widget di sebelah kanan anda akan mendapatkan update tutorial terbaru dari tutorial.wdesain.web.id
Share on :

Leave a Reply

Labels

 
Copyright © 2011 Tutorial Wdesain. Template by DheTemplate.com & Main Blogger

Home | About | Contact Us | Advertise Here | Link Exchange | Sitemap